oleh

66 Wartawan Bengkulu Lulus Seleksi Jurnalisme Perubahan Perilaku

JOURNAL BENGKULUDari 76 wartawan Bengkulu yang mengikuti seleksi dalam program Jurnalisme Perubahan Perilaku, sebanyak 66 orang dinyatakan lulus seleksi. 32 orang merupakan wartawan media siber, 30 wartawan media cetak dan 4 wartawan media televisi. Sementara 10 orang peserta dinyatakan tidak lolos seleksi.

Mengutip dari Ubahlaku.id, Jurnalisme Perubahan Perilaku, adalah program kolaborasi Kelompok Kerja Keberlanjutan Media Dewan Pers dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui kegiatan berita perubahan perilaku, memperkaya konten dan menjadi agen perubahan.

Program ini mengajak wartawan menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku guna pencegahan penularan Covid-19, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dan melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional.

Adapun tujuan dari program ini adalah menjadikan jurnalis sebagai garda depan perubahan perilaku masyarakat guna mencegah penularan Covid-19.

Menciptakan pemberitaan yang menaati Kode Etik Jurnalistik tentang perkembangan pandemi.

Turut memberikan solusi jangka pendek masalah industri pers nasional yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan wartawan.

Sebelumnya, ada sejumlah persyaratan bagi wartawan yang akan mengikuti seleksi program ini, diantaranya memiliki Sertifikat Kompentensi Wartawan minimal tingkat muda, atau Mendapatkan Rekomendasi dari Perusahaan Media yang telah diverifikasi Dewan Pers, atau Mendapatkan Rekomendasi dari Asosiasi Jurnalis/Perusahaan Pers Konstituen Dewan Pers

Sementara itu, dari email yang diterima salah satu wartawan dari Program FJPP, wartawan yang mendapat email dinyatakan lolos dalam seleksi program ini dan menjadi salah satu peserta FJPP sekaligus agen perubahan perilaku pada seleksi Gelombang I. Untuk itu, wartawan tersebut wajib hadir hadir dalam briefing dan pembekalan materi program – termasuk untuk 300 peserta yang telah mendapatkan pemberitahuan sebelumnya.

Acara briefing dan pembekalan dilaksanakan secara terpisah sesuai platform media peserta dan dilaksanakan Hari Rabu 14 Oktober 2020 dengan topik : Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) – Media Cetak & Media Ciber oleh 4 narasumber, dan dibuka oleh Letnan Jenderal TNI Doni Monardo (Ketua Satgas Penanganan Covid-19).

Komentar

Artikel Berikutnya