oleh

Banyuasin Budidaya Tanaman Porang

JOURNAL BANYUASIN – Bupati Banyuasin melakukan penanaman Umbi Porang bersama Gubernur Sumatera Selatan, FKPD Provinsi Sumsel dan FKPD Kabupaten Banyuasin, di Simpang Sukaraja I Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh, Rabu (16/09/2020).

Dalam kesempatan ini, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH menyampaikan bahwa Sektor Pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan Kabupaten Banyuasin, tidak hanya memberikan andil dalam ketahanan pangan tapi memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian.

Oleh karena itu, pembangunan sektor pertanian kita jadikan salah satu prioritas utama pembangunan daerah Kabupaten Banyuasin yakni Program Petani Bangkit yang termasuk didalam 7 (tujuh) Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang tertuang didalam visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

“Untuk itulah hari ini kita akan melakukan penanaman perdana Umbi Porang, yang kita ketahui Tanaman ini adalah sejenis Umbi yang dapat dimakan. Diketahui manfaat Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air selain juga untuk pembuatan lem dan jelly,” jelasnya.

“Di Kabupaten Banyuasin, tanaman ini sebenarnya sudah ada. Namun karena masyarakat belum tahu nilai ekonomis, maka belum ada yang membudidayakan secara intensif. Untuk itu hari ini akan jadi momentum bagi Petani Banyuasin untuk ikut membudidayakan tanaman ini,” ungkap orang nomor satu di Banyuasin ini.

Banyuasin sendiri di bidang pertanian menduduki posisi keempat nasional sebagai Kabupaten produksi beras tertinggi yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI sebagai bukti dari keberhasilan program Petani Bangkit yang dijalankan selama ini.

“Ini juga merupakan peran besar dari Gubernur Sumatera kepada Banyuasin. Hal ini menjadi kebanggaan kami masyarakat Banyuasin dan saya mewakili semua masyarakat Banyuasin mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian besar kepada Kabupaten Banyuasin,” katanya.

“Jadi upaya dalam peningkatan bidang pertanian akan terus kita lakukan agar Petani Banyuasin dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan memberikan sumbangsih besar di bidang Pertanian baik di Kabupaten Banyuasin sendiri, Provinsi maupun Nasional. Jadi tidak hanya Padi, Jagung, Karet tapi Tanaman Porang ini akan menjadi komoditi baru di bidang Pertanian,” paparnya.

Provinsi Sumatera Selatan disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH siap mengembangkan Porang sebagai tanaman sela perkebunan karena nilai ekonominya yang potensial untuk menambah penghasilan petani dan kondisi Wilayah Sumsel yang cocok untuk budidaya porang.

Pemerintah Provinsi Sumsel mendorong, mendukung secara spiritual dan berupaya sebisa mungkin untuk bantuan dana atas semua inisiatif atas kerjakeras Bupati Banyuasin. Termasuk penanaman perdana tanaman Porang di Banyuasin hari ini.

“Ide, semangat dan kerjakeras peningkatan bidang Pertanian di Banyuasin oleh Bupati menjadi perhatian khusus dari Saya sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Oleh karena itu, saya selalu support banyak atas ide-ide cemerlang Bapak Bupati Banyuasin dalam upaya mensejahterakan masyarakat Banyuasin khususnya dan masyarakat Sumsel umumnya,” Ujurnya.

“Tanaman Porang ini menjadi tanaman yang menjanjikan untuk dibudidayakan, dengan modal yang tidak terlalu besar dapat menghasilkan milyaran. Semoga pangsa pasar dan harga terjaga, sehingga dapat menjadi alternatif baru untuk kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Selain penanaman Umbi Porang akan dilakukan penandatangan Prasasti dan Peresmian PT. Karya Inti Malinjo serta penyerahan secara simbolis bantuan bibit Katak/Bulbil kepada Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, Banyuasin III Yuni Hairani, Camat Rantau Bayur Hasnanul Hak, Camat Sembawa dan Camat Betung M. Sobir. Acara kemudian dilanjutkan penyerahan Santunan kepada Panti Asuhan Bunda Kabupaten Banyuasin.

Turut hadir Wakapolda Sumsel, Brigjend. Pol. Rudi Setiawan, S. IK, SH., MH, Kasdam II Sriwijaya, Brigjend. TNI. M. Zamroni, S.IP, Danrem 044/GAPO, Brigjend. TNI. Jauhari Agus Suraji, S.IP., S.Sos, Koordinator Bidang Datun, Ery Harahap, SH., MH, Danlanud Palembang, Kol. PNB. Firman Wira Yuda, S.T.M.Soc. Sc, Palaksa Lanal, Letkol. Laut. (KH) Drs. James B.M. Sagala dan Panitera Tinggi Agama, Drs. H. Fahri Hamidi, SH.

Juga hadir Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, SH, Ketua DPRD Kab. Banyuasin, Irian Setiawan, SH., M.Si, Sekretaris Daerah, Dr. H. Senen Har, S.IP, M.Si, Kapolres Banyuasin, AKBP. Danny Sianipar, S. IK, Kepala OPD terkait Prov. Sumsel dan Kabupaten Banyuasin, Ketua Dharma Wanita Kab. Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, dan Camat Banyuasin III, Dra. Yuni Khairani, M.Si.

Pewarta : Suharni

Komentar

Artikel Berikutnya