Lintah Hidup dari Bengkulu Diekspor ke Luar Negeri

Bengkulu, Sorot227 views

JOUR-NAL.COM BENGKULU Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Bengkulu, Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BPKIM), Garuda Indonesia, dan Angkasa Pura II Bengkulu melakukan ekspor 1.000 lintah hidup hasil budidaya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sultan Lintah Indonesia.

Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai C Bengkulu Ardhani Naryasti di Kota Bengkulu, Kamis, mengatakan ekspor tersebut dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat Bengkulu.

“Bea Cukai sebagai industrial assistance secara aktif mengasistensi para pelaku UMKM di wilayah Sumatera untuk memasarkan produk ke pasar global,” kata Ardhani, kepada antarabengkulu.com.

Ia menjelaskan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam pemulihan perekonomian dengan menggerakkan ekonomi rakyat hingga level terkecil karena UMKM dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Selain melakukan kegiatan ekspor, pihaknya juga melaksanakan diskusi dan memberikan edukasi tentang tata cara ekspor hingga penyampaian fasilitas dalam melakukan ekspor.

Ardhani mengatakan, lintah hidup merupakan komoditas yang banyak dicari di Malaysia dan Rusia karena dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengobatan alternatif untuk mengatasi hipertensi, diabetes, mempercepat penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan kulit.

“Melihat potensi besar di pasar internasional, Bea Cukai mendorong pelaku UMKM Sultan Lintah Indonesia untuk melakukan ekspor mandiri komoditas lintah hasil budidayanya,” ujarnya.

Ia berharap ekspor ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan mendorong UMKM komoditas lain di Provinsi Bengkulu untuk melakukan ekspor produk ke luar negeri.

Artikel ini telah tayang di : ANTARABENGKULU.COM

 

/

Komentar

Artikel Lainnya