oleh

Memprihatinkan, Pasar Tradisional di Kecamatan Sembawa Ini Butuh Sentuhan Pemerintah

JOURNAL BANYUASINPasar tradisional Mainan yang berada di Desa Mainan Kecamatan Sembawa, kondisinya kian Kumuh dan sembrawut, lantaran banyak sampah berserakan di area pasar yang tak enak dipandang mata, tak hanya itu, bangunan pasar juga banyak mengalami kerusakan, atap pasar banyak mengalami kebocoran, sehingga ketika hujan pasar menjadi becek.

Kondisi ini, masyarakat mengharapkan sentuhan dari pemerintah untuk memperbaiki, dan layak seperti pasar pada umumnya. Pantauan di lapangan, kemarin kurangnya tempat pembuangan sampah yang layak, membuat area pasar banyak sampah – sampah menumpuk dan berserakan yang dibiarkan begitu saja. Dibagian belakang pasar juga menjadi tempat pembuangan sampah.

Warga setempat mengungkapkan, kondisi pasar kumuh tersebut sudah terjadi sejak tahun – tahun sebelumnya. “Apalagi saat turun hujan deras, kondisi pasar becek dan licin. banyak pengunjung pasar berbelanja menggunakan sepatu boot agar tidak tergelincir,” ujar Jemi.

Melihat kondisi pasar kumuh seperti itu, Jemi mengungkapkan, bila terus dibiarkan ia khawatir akan berdampak pada kwalitas barang yang dijual para pedagang. “Kalau pasarnya bersih dan sehat, mungkin pedagang dan barang jualannya juga pasti sehat,” katanya.

Menanggapi itu, Kepala DPKUKM Banyuasin Erwin Ibrahim menjelaskan saat ini pihaknya sedang menginventaris seluruh kekurangan fasilitas yang ada di seluruh pasar, terutama 22 pasar yang dikelola oleh DPKUKM kabupaten Banyuasin.”Dan kita sedang mencari pembiayaan untuk perbaikannya,” katanya.

Pewarta : Suharni

Komentar

Artikel Berikutnya