oleh

Walikota Tebing Tinggi Ajak Masyarakat Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis

-Berita, Sumut-187 views

JOURNAL TEBING TINGGI – Hari Bersih-bersih Sedunia (World Clean day) adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.

Dalam rangka memperingati World Clean Day tersebut, Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan sampah supaya memiliki nilai ekonomis jika diproses atau didaur ulang.

Hal itu disampaikan Walikota saat menghadiri peringatan Hari Sampah Sedunia (World Cleanup Day) Tahun 2020, di Kelurahan Pinang Mancung Lingkungan III Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi, Sabtu (19/9/2020).

Walikota menegaskan, dihari bersih-bersih sedunia atau World Clean Day ini diharapkan masyarakat dari semua lapisan dapat melakukan pengumpulan sampah dan juga aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

” Tapi kali ini pengumpulan sampah kita lakukan juga pemilahan sampah organik, non organik maupun sampah lainnya untuk memudahkan dalam hal pengolahan sampah nantinya,” kata Walikota.

Menurut Walikota, kedepan tidak semua sampah harus masuk ke Tempat Pembuangam Akhir sampah atau TPA. Harus ada proses yang dilakukan oleh masyarakat dilingkungannya masing-masing. Antara lain bisa dijadikan pupuk organik ataupun dengan adanya bank sampah sehingga sampah jadi bernilai ekonomis.

” Saat ini sampah bukan lagi menjadi beban, sampah memiliki nilai ekonomis jika dikemas dengan baik dan menjadi menambah pendapatan keluarga. Bisa membayar listrik, tagihan air atau lainnya,” jelasnya.

Hadir bersama walikota, Kadis Perkimsih Muhammad Hasbi Ashshiddiqi, Kadis Lingkungan Hidup Idham Khalid, Kadis Kominfo Dedi P Siagian, Camat Bajenis Dira Astama, Trisna beserta Lurah dan Kepling dan Babinsa.

Pewarta : Fitria

Komentar

Artikel Berikutnya